Vitra Yuqadhirza
08 Jan 2023 at 16:46


Anak-Anak dan Seni, Mengasah Kreatifitas Melalui Lomba Mewarnai

Desa Lhok Banie merupakan salah satu desa yang terkenal karena usaha terasinya, bertahun-tahun terasi telah menjadi usaha yang menjadi daya Tarik tersendiri. Karena hal tersebut sudah sangat umum di desa Lhok Banie dan sering dijadikan topik penelitian dan penulisan artikel, jurnal ilmiah dan lainnya, maka penulis tertarik mengangkat hal lain yang ada disini. Penulis merupakan salah satu peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kerja Sosial (KS) yang berasal dari Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.

                Tinggal dan berbaur di desa Lhok Banie selama kurang lebih 45 hari menjadikan kami akrab dengan warga sekitar baik orang tua, pemuda, dan anak-anak. Kami juga membuat beberapa program dan kegiatan yang bisa meningkatkan mutu kehidupan sekitar seperti gotong-royong untuk mengikat tali silaturrahmi dan meningkatkan kerja sama, melakukan workshop sederhana tentang pembuatan stiker kemasan, serta membuat kegiatan kreatif untuk anak-anak. Berikut, penulis akan membahas tentang kegiatan lomba mewarnai yang diadakan di TK Ihsanara Bersaudara.

                Awalnya, para peserta KKN-KS berdiskusi tentang kegiatan yang akan melibatkan anak-anak. Kami berdiskusi mengenai kegiatan yang bisa diikuti oleh seluruh anak yang ada di TK Ihsanara Bersudara tanpa terkecuali. Akhirnya muncullah ide, lomba sederhana yang bisa diikuti oleh semua anak di Tk tersebut ialah lomba mewarnai. Setelah diskusi, kami melanjutkan dengan mencari gambar yang mudah untuk diwarnai oleh anak-anak Tk dan mulai membeli bahan seperti kertas untuk mencetak gambar yang akan diwarnai. Setelah itu, kami menguhubungi para guru Tk untuk bekerja sama menyukseskan kegiatan tersebut.

                Para guru mulai menginstruksikan para murid untuk membawa peralatan mewarnai pada hari lomba. Terlihat mereka sangat senang dan antusias menyambut kegiatan tersebut. Akhirnya hari yang ditunggu pun tiba, kami mulai membagikan kertas bergambar kepada seluruh anak-anak dan menginstruksikan mereka supaya tetap tertib. Anak-anak dikumpulkan pada satu ruangan yang telah dipindahkan kursi dan mejanya keluar agar bisa digunakan untuk kegiatan ini. Pada hitungan ketiga lomba pun dimulai, anak-anak mulai mewarnai bagian gambar satu-persatu dengan kemampuan terbaik mereka. Kurang dari satu jam, seluruh anak-anak telah berhasil menyelesaikan gambar mereka. Setelah dilakukan penilaian oleh peserta KKN-KS dan para Guru TK Ihsanara Bersaudara kami sepakat mengambil 2 juara perempuan dan 2 juara laki-laki.

                Dalam penilaian ternyata sedikit sulit dilakukan, karena Sebagian besar gambar yang diwarnai tidaklah rapi. Tetapi begitulah realitanya, karena para peserta merupakan anak-anak Tk yang imajinasinya masih belum terbayang dan belum mengenal kerapian. Setelah melakukan penilaian, akhirnya kami membagikan hadiah kepada yang menjadi juara. Anak-anak lain mendapat bingkisan seperti bingkisan ulang tahun, sedang yang juara mendapatkan alat mewarnai dan botol minuman. Saat kami menanyakan kesan mereka mengikuti lomba mewarnai, anak-anak tersebut hanya bisa bereaksi tersenyum sambal sesekali tertawa dan berkomentar hanya satu kata seperti; seru, senang, ramai, ada hadiahnya, dan lainnya. Menyaksikan rasa antusias dibalik kepolosan mereka memiliki kesan tersendiri bagi kami, bisa merasakan hangatnya bercengkarama dan dekat dengan dunia anak-anak membuat kami ingin melakukan lebih banyak hal kedepannya.

                Dengan kegiatan tersebut kami berharap agar anak-anak bisa melatih bakat dan kemampuan mereka di kemudian hari. Setelah kegiatan selesai, kami pun berfoto dan membuat video atau vlog untuk dijadikan memori KKN-KS kami selama berada di desa Lhok Banie.

Penulis : Rifqi Akhyar 

Nim : 4022019119

Jurusan : Ekonomi Syariah

KKN - KS

0