Vitra Yuqadhirza
07 Jan 2023 at 15:04


Penyemaian Bibit Jahe, Temulawak, dan Kunyit, Kaya Manfaat untuk Kesehatan dengan Memanfaatkan Lahan Kosong


Mahasiswa IAIN Langsa melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Daring Tahun 2022 di Gampong Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh. Mahasiswa KKN-T Daring ini mempunyai Program Kerja (Proker) dengan berbagai program kegiatan yang sudah disiapkan.

Salah satunya program kerja yang telah dilakukan Mahasiswa KKN-T Daring IAIN Langsa adalah penyemaian bibit jahe, temulawak dan kunyit kaya manfaat untuk kesehatan dengan memanfaatkan lahan kosong yang ditanam di perkarangan Kantor Geuchik, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (14/12/2022).

Jahe, temulawak, dan kunyit adalah tanaman rempah yang mengandung partikel kekebalan tubuh, penyemaian bibit ini berguna dalam pemanfaatan lahan kosong yang berada didesa tersebut.

Penyemaian adalah suatu proses penyiapan bibit tanaman baru sebelum di tanam pada lahan penanaman. Maksud dan tujuan  dilakukan persemaian adalah memperoleh benih atau bibit yang bermutu tinggi dengan jumlah yang memadai dan waktu sedikit, meningkatkan produktivitas maupun kualitas tanaman, untuk meningkatkan daya hidup/survival tanaman.

1.   JAHE

Jahe digunakan dalam berbagai bentuk pengobatan herbal karena tanaman jahe ini dipenuhi dengan nutrisi yang memiliki manfaat untuk tubuh. Sejak dari zaman dahulu jahe menjadi obat tradisional yang mempunyai untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Jahe mengandung vitamin c dan magnesium untuk memperkuat sistem imun, selain itu kandungan lainnya gingerols, shogaols juga zingerones bermanfaat sebagai antioksida bagi tubuh. Manfaatnya yang banyak dan memenuhi kebutuhan kesehatan bagi tubuh, tidak diragukan lagi jika kita rutin  dapat menghilangkan bau mulut. Selain itu adapun manfaat lain dari jahe yaitu:

·         Menjadikan obat demam dan obat sakit kepala

·         Menurunkan kadar kolestrol

·         Mengobati sakit perut

·         Pencegahan penyakit kanker

Untuk penanaman jahe ini, pilih bibit jahe yang berkualitas dan terbebas dari hama. Siapkan media tanam, kemudian tanam bibit jahe dengan bagian mata tunas yang menghadap ke atas. Tempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung dan siram dengan sedikit air saja.

2.   KUNYIT

Tanaman kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit ini juga sering digunakan sebagai pewarna alami makanan selain itu menjadi tanaman obat yang banyak manfaat. Kunyit atau kunir termasuk tanaman rempah-rempah dari wilayah Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Kunyit ini merupakan jenis rumput-rumputan, mempunyai umbi akar yang berwarna kuning. Selain itu kunyit mempunyai kandungan terbaik seperti fruktosa, glukosa, kalium, kalsium, zinc, zat kurkumin dan juga minyak atsiri.

Beberapa Manfaat dari tanaman kunyit:

·      Meredakan peradangan

Zat aktif pada kurkumin mengandung antioksida yang mempunyai efek anti radang untuk melawaninfeksi pada radang tenggorokan dan mengatasi berbagai saluran pencernaan.

·      Mengurangi nyeri saat haid

Banyak wanita saat mengalami haid perut terasa nyeri dan tidak nyaman saat beraktivitas, jamu kunyit asam dapat meredakan rasa nyeri saat haid, karena kunyit mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel epitel rahim serta mengurangi produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

·      Mengatasi masalah kulit dan gatal pada kulit

Kandungan senyawa bisdesmetoksikurkumin dan kurkumin dalam kunyit sangat penting untuk mengatasi kulit iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan elergi.

3.    TEMULAWAK

Temulawak hampir mirip seperti kunyit dengan bergenus Curcuma. Temulawak biasanya dibudidayakan banyak tumbuh di sekitar tanah-tanah kering namun saat ini banyak di daerah dataran tinggi. Biasanya temulawak digunakan untuk sebagai obat anti peradangan dan penyembuhan luka, karena kandungan temulawak merupakan pati, protein, selulosa, mineral dan kurkuminoid (zat pemberi warna kuning pada temulawak dan kunyit). Namun temulawak dan kunyit bisa terlihat perbedaannya dari dagingnya, daging kunyit berwarna oranye lebih pekat namun temulawak lebih berwarna kuning pudar dan rasa temulawak lebih pahit daripada kuning.

Manfaat Temulawak

·      Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit sendi yang terasa penderita merasa sakit dan kaku. Menurut beberapa penelitian, temulawak ini memberikan efek seperti halnya ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) pada pasien yang terkena osteoarthritis.

·      Obat Jerawat

Banyak sekali orang yang menginginkan jerawat hilang, mungkin ini adalah salah satu jalan keluar yang bisa kamu coba, karena temulawak mempunyai sifat astringent yang bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjar, dan kandungan antiseptik membantu membersihkan kulit dari penyebab jerawat .

·      Anti Kanker

Meskipun beberapa penelitian masih terus melakukan untuk lebih memastikan manfaatnya, namun temulawak ini dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker seperti usus besar, payudara, dan prostat. Temulawak dapat berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang masuk pertumbuhan kanker dan efek pencegahannya dari kandungan antioksidan pada temulawak.

Tahapan penyemaian yaitu:

1.    Tahap penyemaian yang dilakukan Mahasiswa KKN-T Daring diawali dengan menyiapkan media semai dan wadah persemaian.

2.    Mahasiswa KKN-T Daring mempersiapkan tempat yang akan digunakan sebagai tempat penyemaian bibit.

3.    Setelah tempat selesai dibuat, tahapan selanjutnya yang dilakukan yaitu menaburkan media untuk lapisan atas pada permukaan bedengan dengan ketebalan kurang lebih 5 cm yang telah dibuat dari jauh hari sebelum program penyemaian bibit dilakukan.

4.    Selanjutnya menyusun rapi bibit jahe pada media tersebut dengan jarak antar jahe sekitar 3 cm. Dalam peletakkan penyemaian bibit ini, mengusahakan untuk tidak meletakkan posisi mata tunas jahe berada di bawah

5.     Kemudian, tutup menggunakan sekam bakar, sekam mentah serta tanah bekas bakaran yang gembur yang telah dicampur menjadi satu, penutupan dilakukan tidak terlalu tebal.

6.    Tahap terakhir yaitu melakukan penyiraman hingga basah merata, dan dilakukan penyiraman setiap 2 hari sekali atau dengan melihat kondisi media semai.

 Menanam tanaman di lahan kosong yang ditanam di perkarangan Kantor Geuchik merupakan langkah yang dilakukan sebagai upaya untuk memperindah lahan disekitar Kantor Geuchik yang terlihat gersang dan memberikan gambaran kepada masyarakat yang ada di Gampong Meurandeh Dayah, Langsa Lama, Kota Langsa untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah masyarakat yang nantinya lahan yang ditanami tanaman seperti jahe, temulawak, dan kunyit yang dapat memberikan banyak manfaat seperti dapat digunakan menjadi bumbu masakan hingga obat-obatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

 

Penulis : Selviana Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa KKN-T Kerja Sosial

  

0