Novy Listiana
31 Dec 2020 at 18:18


OPINI – Tanggal 19 Desember 1961 dicatat sejarah sebagai peristiwa penting bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saat itu, Presiden Soekarno menyampaikan secara lantang Tri Komando Rakyat di depan rapat raksasa di Yogyakarta. Seruan pendiri bangsa ini menjadi titik balik yang menentukan masuknya wilayah Papua ke Indonesia.

“Oleh karena Belanda masih melanjutkan kolonialisme di tanah air kita, maka saya perintahkan kepada seluruh rakyat Indonesia, juga yang berada di Irian Barat, untuk melaksanakan Tri Komando Rakyat, yaitu 1. Gagalkan Pembentukan Negara Boneka Papua buatan Belanda, 2. Kibarkan sang Merah Putih di Irian Barat tanah air Indonesia, 3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa,”

Momentum peringatan Hari Trikora sebagai hikmah bangsa Indonesia yang tetap menginginkan fondasi persatuan dan kesatuan yang kokoh, tidak dapat lagi dipisah-pisahkan hanya karena perbedaan cara pandang dan perbedaan ras.

Dikomandokannya Trikora oleh Bung Karno, menandai digunakannya cara militer untuk merebut Irian Barat dengan dibentuknya Komando Mandala. Segenap kekuatan TNI/Polri dan komponen rakyat Indonesia, termasuk yang ada di Irian Barat, bahu-membahu mengusir Belanda di Irian Barat.

Itulah catatan sejarah, yang tertulis dengan tinta emas dalam perjalanan NKRI. Sungguh sebagai kesalahan besar bagi kita generasi penerus apabila melupakan perjuangan pahlawan Trikora. (Nov)

Sumber : Kompas.com

0