raundoh tul jannah
24 May 2020 at 10:52


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H


اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ

Hari- hari penuh rahmat dan kasih sayang yakni Ramadhan selama satu bulan penuh telah terlewati. Hari dimana segala perbuatan baik dan amalan-amalan kebaikan akan mendapatkan lipatan pahala yang tiada duanya dari bulan-bulan lain. Termasuk amalan dalam menebarkan konten-konten positif di dunia maya. Meskipun puasa dan lebaran kali ini terasa berbeda, pembatasan segala aktifitas maupun ajangsana diberberlakukan, semoga tidak menyurutkan semangat Sahabat Damai untuk bersilaturahmi menebarkan senyum keceriaan. Tenang, berbagai alternatif kecanggihan teknologi sudah luas dipasarkan kepada kita semua bukan.

Sahabat Damai, satu yang perlu tetap diingat. Jangan jadikan bulan Ramadhan hanya sebagai tempat beristirahat dan bersinggah dari segala tindakan kemungkaran. Janganlah kemudian hari selepasnya, melancarkan berbagai aksi yang merugikan bangsa dengan mengatas namakan untuk kemaslahatan Indonesia dan bahkan atas nama umat muslim.

Ayo marilah bersama menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Jangan hanya ketika bulan tertentu, jangan hanya saat-saat tertentu. Sadari bahwa rasa toleransi itu perlu ditanamkan, menghargai adalah harga mati yang perlu kita jujung tinggi sebagai umat yang beradap. Jangan sampai hal-hal menyinggung suku, agama, ras dan antar kelompok (SARA) yang saling menjatuhkan itu berkembangbiak menjadi suatu kebiasaan, karena hal tersebut tidaklah tindakan terpuji.

Terimalah bahwa Indonesia adalah negara yang berbhineka, berbingkai dari atas nama perbedaan agama, ras, suku, budaya, dan kelompok maupun budaya. Agama Islam yang mendominasi di dalamnya, sesungguhnya Islam merupakan agama yang damai dan penuh kasih sayang. Bukan agama yang penuh dengki, hujatan, bahkan saling menjatuhkan sesamanya.

Bulan dimana hari-hari penuh rahmad memang akan berganti dengan hari berikutnya. Namun Sahabat Damai, cahayanya tidak akan pernah sirna. Cahaya terang itu akan bersambung dan terus menyinari kalbu di hari-hari pada bulan berikutnya, termasuk cahaya suci nan baru yang berkilauan di hari kemanangan “Idul Fitri" 1441H hari atau ini tepatnya jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 M.

Mari seluruh masyarakat Indonesia belajar menyadari dan menerima semua perbedaan di bumi pertiwi ini. Jadikanlah momentum hari nan suci 1441H ini, sebagai wahana mempererat tali silahturahmi dan keberagaman. Memaafkan antar sesama, berbenah diri, dan menatanya untuk masa depan generasi bangsa yang lebih baik lagi. Tetaplah kuat menghadapi cobaan Corona Virus Deseas (COVID-19) dengan bergotong royong menyemangati satu dengan yang lain. Optimis bahwa kita semua akan melalui ini semua, asalkan kita taat pada anjuran pemerintah melaksanakannya dari hulu hingga hilir.

Semoga pendemi COVID-19 di negara kita akan segera hilang, kasus tidak bertambah, tetap sehat agar dapat kembali menjumpai bulan penuh berkah dan kedamaian di tahun selanjutnya. Tetap ingat ya, meskipun tidak dapat berkumpul sanak saudara dan harus bersilaturahmi melalui media maya dengan #dirumahsaja, itu tidaklah mengapa. Saling menjaga keselamatan, patuhi aturan dan pahami resiko yang akan ditimbulkan. Tetap taati protokol keselamatan dan kesehatan ketika hendak keluar rumah atau masuk ke dalam rumah. Jaga diri, jaga hati. Kami keluarga besar Duta Damai Dunia Maya BNPT menggucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H Mohon Maaf Lahir dan Batin. Tetap tebarkan damaimu, karena damai itu diawali dari sebuah ukiran “Senyuman”. Senyum itu budaya Orang Indonesia. (RTJ)


Oleh: Raundoh Tul Jannah


 

0