Aulia Agustina
31 Dec 2020 at 18:05


OPINI-Hay sobat, sudah tidak asing lagi nih kita mendengar jikalau negara kita adalah negara kepulauan. Lalu, apakah kalian mengerti kepulauan yang dimaksud itu seperti apa? Bagaimana peranan kita didalamnya? Dan mengapa kita harus menjaganya? Mari kita bahas lebih lanjut, kuy bagi yang penasaran….

Saat ini kita berada di negara tercinta yaitu negara Indonesia. Negara yang kaya akan alam  dan kepualauan yang dimilikinya. Berbicara mengenai negara Indoensia rasanya akan kurang legkap jika tidak menyinggung mengenai kepulauan yang dimiliki negera ini.

Adapun kepulauan yang dimiliki negara Indonesia sangat banyak dan luas, hampir seluruh sudut negara ini dilengkapi dengan pulau. Kepulauan sendiri merupakan sinonim dari nusantara, nusantara merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera sampai Papua, dalam arti lain nusantara merupakan gambaran dari keseluruhan Indonesia.

Jika diukur dari tingkat kepentingan, maka nusantara termasuk memiliki tingkat kepentingan tertinggi di negara ini karena bagian dari Kesatuan Negara Republik Indonesia. Nusantara menjadikan kita maka satu. Tidak memandang ras, suku, golongan, agama atau kelompok tertentu. Nusantara mampu jadi perekat bangsa yang memiliki sifat universal serta menjadi sumber ketahanan nasional.

Maka dari itu nusantara perlu dijaga. Sudah menjadi tanggung jawab semua warga negara Indonesia. Apalagi kepemilikan nusantara tidak dibatasi oleh usia maupun golongan bangsa. Oleh karenanya dalam menjaga Nusantara, perlu kebijakan pemerintah untuk upaya menjaga kekayaan yang dimiliki Indonesia sebagai warisan nusantara.

Berdasarkan pemaparan diatas, semoga kelak bisa menjadi motivasi bagi kita semua bahwa nusantara itu penting terutama untuk negara sendiri yaitu negara Indonesia, maka dari itu penting bagi kita semua sebagai rakyat Indonesia untuk menjaga nusantara negara ini. Jadikan nusantara yang ada pada negara ini sebagai sumber ketahanan untuk mempersatukan bangsa. (Aau/Nov)

0