Novy Listiana
31 Dec 2020 at 19:05


OPINI – Halo Sobat Damai! Sudah tahu, belum? Kalau ternyata Hari Diabetes Dunia dicetuskan pada 14 November bertepatan dengan kelahiran Sir Federick Banting yang merupakan penemu insulin.

Sir Federick menemukan insulin yang dibutuhkan para penderita diabetes pada 1922 bersama rekannya Charles Best. Hmm.. Kalau dihitung-hitung sudah 98 tahun, ya!

Namun Hari Diabetes Dunia baru dicetuskan pada tahun 1991 oleh IDF dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan secara resmi diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2006 bersamaan dengan disahkannya Resolusi PBB 61/225.

Berdasarkan data WHO pula, dalam setiap 24 jam mendatang akan ada 4110 pasien diabetes baru terdiagnosis, 614 pasien diabetes meninggal, 66 pasien diabetes menjadi buta, 122 pasien diabetes harus cuci darah dan 225 pasien diabetes harus diamputasi. Angka ini menggambarkan betapa banyak orang-orang di sekitar kita yang menderita diabetes.

Ditetapkannya Hari Diabetes Dunia ini adalah sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang mengenai meningkatnya ancaman kesehatan akibat penyakit yang masuk ke dalam 10 besar penyebab kematian di dunia ini.

Oleh karenanya Hari Diabetes Sedunia ini dikampanyekan dengan tujuan untuk menjadi platform untuk mempromosikan upaya advokasi IDF sepanjang tahun dan menjadi pendorong global guna mempromosikan pentingnya pengambilan tindakan yang terkoordinasi dan terpadu untuk menghadapi diabetes sebagai masalah kesehatan global yang kritis

International Diabetes Federation (IDF) mencatat saat ini setiap 8 detik ada orang yang meninggal akibat diabetes di dunia. Jumlah diabetesi di dunia naik menjadi 425 juta jiwa pada tahun 2017, namun banyak orang yang tidak sadar dirinya atau anggota keluarganya terkena diabetes.

Indonesia sendiri di tahun 2019 menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah penderita diabetes terbanyak, dengan prevalensi diabetes tertinggi didominasi oleh lima provinsi meliputi DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Jawa Timur.

Nah tahun ini tema Hari Diabetes Dunia adalah “The Nurse and Diabetes“. Tema ini diangkat  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seputar peran penting perawat dalam mendukung orang yang hidup dengan diabetes. Hal ini karena jumlah penderita diabetes terus meningkat di seluruh dunia.

Selain itu tema ini diharapkan juga menjadi pengingat bagi layanan kesehatan dan pemerintah untuk menyadari pentingnya berinvestasi dalam bidang pendidikan dan pelatihan perawat. Mengingat keahlian perawat yang tepat dapat membuat perbedaan bagi orang yang terkena diabetes. (Nov)

Sumber :

Kompas

 

0