Vitra Yuqadhirza
20 Dec 2022 at 16:07


Kayu Arang merupakan salah satu komoditas ekspor nonmigas yang terbuat dari bahan dasar kayu. Arang kayu ini digunakan secara luas sebagai bahan bakar untuk keperluan memasak baik untuk keperluan rumah tangga, restoran, dan perhotelan.

Arang sebagai bahan bakar alami merupakan salah satu bahan bakar murni diambil secara langsung dan diproses dengan alat tradisonal dan alat canggih hingga menjadi aneka ragam bahan bakar seperti bahan bakar yang terbuat dari air, tumbuhan, kotoran hewan dan sinar matahari.

Sedangkan untuk bahan bakar buatan atau biasa disebut dengan bahan bakar non hayati, biasanya merupakan jenis bahan bakar yang diperoleh dari hasil pengeboran minyak bumi dan sudah diproses mrnggunakan mesin dan dapat habis atau berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Adapun jenis bahan bakar yang biasa kita temui di luar sana, mulai dari minyak tanah, gas, bensin, hingga arang. Berbicara tentang bahan bakar, ada salah satu jenis bahan bakar alami yang memiliki banyak sekali manfaat.

Yaitu arang, pasti bahan bakar yang satu ini sangat familiar di telinga pembaca terutama bagi yang memiliki hobi memasak. Arang sendiri ada banyak sekali jenisnya tergantung dari bahan dasar yang digunakan. Arang sendiri merupakan salah satu jenis bahan bakar yang prosesnya dilakukan dengan cara membakar benda hingga berwarna hitam dan sedikit mengeluarkan bara api. Ada banyak sekali jenis arang di pasar yaitu arang batok kelapa, arang sekam, arang bambu, arang kayu, dan masih banyak lagi.

Dari jenis arang tersebut berbeda jika anda melihat manfaat jahe untuk jantung, ada salah satu jenis arang yang sangat laris dipasaran, bukan hanya dari segi pembuatannya yang mudah saja tetapi juga dari segi harga yang sangat ekonomis. Arang kayu merupakan salah satu jenis arang yang saat ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Hal ini karena arang kayu memiliki aroma yang khas. Kebanyakan orang dalam memproses arang kayu biasanya menggunakan sebuah tungku pembakar raksasa. Kayu- kayu pohon berkualitas dengan ukuran yang sudah disesuaikan akan dipilih terlebih dahulu sesuai dengan umurnya.

Setelah itu kayu- kayu yang ada dimasukkan ke dalam sebuah tungku pembakaran dan ditutup menggunakan tanah lempung. Didalamnya sudah dinyalakan api dengan suhu tinggi sehingga proses pembakaran berlangsung dengan baik. Proses pembakaran disesuaikan dengan banyaknya kayu yang dimasukkan, biasanya akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 hari.

Dalam keseharian sendiri, kayu arang memiliki banyak sekali manfaat. Bagi kamu yang penasaran dengan apa saja sih manfaat kayu arang dalam kehidupan sehari hari, berikut penjelasannya.