Ilmal Satriani
01 Sep 2020 at 21:05


“…Covid-19 tidak bisa hilang selama vaksinnya belum ditemukan. Kita hanya bisa mengurangi perluasan sebarannya. Menaati protokol kesehatan adalah sumbangsih terbaik yang dapat kita lakukan. Anjuran memakai masker dan rutin mencuci tangan harus ditaati. Serta Saling menjauhi satu sama lain, dalam arti jarak 1 meter. Hari ini rasa kasih tidak dibuktikan dengan gencar mendekati Sang Gebetan, tetapi kita sayang, kita jauhi…”

WHO telah mengeluarkan maklumat, Virus Covid-19 dapat menyebar melalui udara. Hal ini menjadi kecaman yang semakin menakutkan. Kewaspadaan harus ditingkatkan, agar penyebaran dapat dikurangi. Kerjasama antar masyarakat harus semakin erat. Menaati protokol kesehatan adalah keharusan yang eloknya menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia pada hari ini, selama pendemi corona masih menyerang. Sebab endingnya yang harus menjadi pemenang adalah kita semua, bukan Si Corona.

Kita harus mengerti jika, Covid-19 tidak bisa hilang selama vaksinnya belum ditemukan. Kita hanya bisa mengurangi perluasan sebarannya. Menaati protokol kesehatan adalah sumbangsih terbaik yang dapat kita lakukan. Anjuran memakai masker dan rutin mencuci tangan harus ditaati. Serta saling menjauhi satu sama lain, dalam arti menjaga jarak minimal 1 meter.

Protokol kesehatan tidaklah banyak, cukup sederhana. Hanya terdiri dari beberapa hal yang harus ditaati semua. Tidak boleh ada yang terlewat satupun. Semuanya saling berkaitan satu sama lain. Memakai masker, menjaga jarak minimal satu meter rutin membersihkan tangan Cukup mudah untuk dilakukan kan? Maka tidak ada alasan untuk tidak menaatinya.

Gunakan Masker Saat Beraktivitas

Memakai masker mampu melindungi diri dari kemungkinan paparan Covid-19 yang tersebar di luaran sana, yang tidak kita tahu keberadaanya. Sebab Covid-19 hanya dapat terdeteksi melalui tes yang tidak langsung keluar hasilnya. Tempat yang kita datangi bisa saja, telah terpapar virus Covid-19. Dengan memakai masker adalah bukti mencintai diri sendiri dan orang lain, terutama orang terdekat. Masker dapat mengurangi kemungkinan kita terserang corona virus. Memakai masker tidak sekedar style tetapi kita perlu memerhatikan rambu-rambu penggunaannya. Seperti halnya masker kain yang harus rutin diganti tiap empat jam dan juga sebelum memegang masker, wajib membersihkan tangan.

Rutin Mencuci Tangan

Rutin mencuci tangan adalah bukti tanggap diri terhadap kuman. 98% kuman bersumber dari tangan. Dengan rutin mencuci tangan maka penyakit serius, seperti Covid-19 yang disebabkan oleh virus dapat dihindari. Permukaan yang kita sentuh, bisa saja telah tersentuh oleh seorang pembaa (Carrier) Covid-19, yang tidak kita ketahui. Mencuci tangan tidak sekedar menyapu tangan dengan air. Mencuci tangan harus tepat dan benar, sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Mencuci tanga minimal 20 detik di air bersih yang mengalir menggunakan sabun.

Jaga Jarak (Physical Distancing)

Menjaga jarak dari orang lain minimal satu meter adalah keharusan, yang harus dilaksanakan. Hari ini rasa kasih tidak dibuktikan dengan gencar mendekati Sang Gebetan, tetapi kita sayang, kita jauhi. Menjaga jarak bukan karena membenci, tetapi karena kita sayang, kita peduli. Meskipun memakai masker dan rutin mencuci tangan, virus covid-19 bisa menempel di pakaian. Saat berdekatan dengan orang lain yang ternyata Orang Tanpa Gejalah (OTG) maka virus yang dibawahnya akan menyebar ke kita. Minimal menempel, dan kita menjadi pembawa (carrier).

Indonesia, Harus Menang Melawan Covid-19

Bangsa Indonesia harus menjadi pemenang dalam melawan Covid-19, seperti New Zealand yang lebih dulu berhasil keluar dari pendemi ini. Percayalah kita mampu memenangkan perang ini. Kemenangan itu akan menjadi nyata jika kita bekerja sama. Bahu-membahu melaan pendemi Covid-19. Menaati protocol Kesehatan, menegur teman, sanak saudara.

Tips Saling Jaga, Bukti Saling Sayang

  1. Memakai masker saat keluar rumah, dan rutin menggantinya tiap empat jam.
  2. Setiap selesai beraktivitas yang rentan terpapar sebaiknya mencuci tangan.
  3. Memberi jarak minimal satu meter saat berinteraksi.
  4. Membawa Hand Sanitizer
  5. Membawa alat makan sendiri. Bagi yang makan di luar rumah, jangan lupa membawa alat makan sendiri minimal sendok. Baiknya membawa bekal sendiri, selain hemat kebersihannya juga terjamin.
  6. Bagi yang muslim membawa alat sholat sendiri (mukena dan sajadah pribadi)
  7. Lebih baik #dirumahaja. Keluar rumah jika memang perlu serta tak lupa menyusun daftar aktivitas/tujuan yang akan dilakukan agar lebih efektif dan efisien. Serta mengurangi keluar dan kembali lagi ke rumah.
  8. Mandi setelah ke luar rumah. Setelah keluar rumah, wajib membershkan diri. Mandi serta tak lupa berkumur-kumur. Membersihkan gigi lebih baik.
  9. Mencuci pakaian yang habis digunakan, sebelum bercengkrama dengan orang-orang yang ada di rumah.
  10. Komsumsilah makanan bergizi, minimal rutin minum air putih. Menjaga asupan makanan yang sehat sangat penting untuk menunjang imunitas
  11. Membawa sabun cuci tangan, dan tissue basah jika dirasa perlu
  12. Jika terdapat gejala segera periksa dan laporkan di balai kesehatan terdekat.

0