Bahraeni
13 Feb 2022 at 17:44


Dialog Kinan di serial Layangan Putus lantas membuat Cappadocia jadi sorotan dan membuat serial ini kian diperbincangkan sejak dirilis pada November 2021.  Idak hanya Kinan, faktanya Cappadocia memang menjadi destinasi impian banyak orang.

Hal ini terbukti dari tingginya jumlah kunjungan ke kota yang terletak di turki tengah itu yang mencapai 2 juta orang pada 2021 dan pernah mencetak rekor kunjungan hampir 4 juta orang pada 2019 silam. Seberapa spesial kah  Cappadocia hingga menjadi mimpi bagi tokoh utama di serial tersebut? Yuk Sahabat Damai, mari cari tahu beberapa fakta tentang Cappadocia yang menarik. Berikut ulasannya!

1. Terbentuk dari Vulkanik dan Jadi Tempat Persembunyian

Wilayah Cappadocia terbentuk dari formasi batuan vulkanik kuno sejak 60 juta tahun yang lalu, hembusan angin oleh erosi air yang kemudian menciptakan beragam bentuk bebatuan. Bebatuan tersebut ada yang menyerupai menara berujung lancip dan terdapat rumah sakit serta gereja yang berada di salah satu tebing-tebing tersebut.

Dahulu jadi tempat persembunyian orang-orang Kristen yang dianiaya oleh kekaisaran Romawi yang saat itu berkuasa. Mereka menggali dan membangun rumah serta terowongan untuk bersembunyi. Setidaknya, lebih dari 200 bangunan bawah tanah sudah ditemukan di Cappadocia yang bisa menampung ribuan orang untuk berlindung saat terjadi kerusuhan. Nah, berawal dari kejadian itu orang-orang mulai mengukir tempat tinggal baru di batu sebagai gaya hidup. 

2. Letak Cappadocia

Cappadocia merupakan pemukiman kuno yang meliputi area sekitar 5000 km persegi yang terbentang antara tiga provinsi yang berada diantara tepat di jantung negara turki yaitu Kayseri, Nevsehir dan Nidde. Cappadocia berada di ketinggian lebih dari 1000 m, namanya sendiri berasal dari bahasa Persia yakni Katpatuka yang berarti negeri kuda yang indah.

Sumber-sumber kuno mengatakan bahwa hadiah atau upeti kuda dari wilayah dipersembahkan kepada raja-raja Asyur dan Persia Kuno, tidak hanya tentang keindahan kota bawah tanah menikmati pemandangan melalui balon udara adalah satu hal lainnya juga menjadi daya tarik Cappadocia.

3. Balon udara di Langit Cappadocia

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan balon yang beterbangan di langit Cappadocia lebih menyerupai frame dimata para pelancong, maka tak heran jika bulatan warna-warni yang memenuhi udara sudah menjadi citra dan kunjungan wajib jika ingin kesana. Pengalaman naik balon udara di kota ini hanya bisa dinikmati pada saat musim panas. Oh iya, sebelum berkellana menggunakan balon udara, wisatawan harus melakukan reservasi secara online atau melalui hotel.

4. Situs Warisan Dunia UNESCO

Ada banyak alasan mengapa Cappadocia dijadikan sebagai tujuan wisata namun fakta mengenai status warisan dunia memberikan sumbangsih yang cukup besar. Memang benar bahwa taman nasional Quiereme dan situs batu Cappadocia dinyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1985, terdapat tujuh bagian penting yang mencakup area tersebut diantaranya  taman nasional Quiereme, kota bawah tanah Derinkuyu, kota bawah tanah Kaymakli, gereja Karlik, gereja Theodore, karain Columbaria, dan situs Arkeologi Nasional.

Kini ia jadi salah satu pusat pariwisata paling puler di turki karena misteri sejarah dan daya tariknya mengutip situs resmi UNESCO diyakini bahwa tanda-tanda pertama aktivitas biara di Cappadocia berasal dari abad ke-4 dimana komunitas-komunitas pertapa kecil yang bertindak berdasarkan ajaran basilus agung uskup.

5. Desa Kuno

Quereme pemukiman asli yang masih dihuni hingga saat ini, Quereme dikenal sebagai pemburu, yang memiliki arti orang tidak bisa melihat disini. Lantaran desa ini menjadi bukti bahwa dulu terdapat orang-orang pemeluk Kristen yang bersembunyi di gua-gua selama romawi melakukan invasi. Meski diandalkan sebagai desa, Quereme nyatanya adalah jantung pusat wisatawan yang menginap di Cappadocia. wilayahnya tergolong kecil jadi memungkinkan untuk  berkeliling dengan sepeda atau sekedar berjalan kaki sambil menikmati pemandangan bebatuan yang eksotis.

6. Festival Musik di Cappadocia

Festival di Cappadocia bernama Festival Cappadox untuk diandalkan, diselenggarakan pada tahun 2015 untuk pertama kalinya. Selain memiliki visualisasi landscape yang menarik, Cappadocia merupakan tempat untuk melakukan festival diantaranya musik, seni kontemporer, keahlian memasak dan kegiatan luar ruangan. Tak ayal ribuan pengunjung baik dari dalam atapun luar Turkey berduyun-duyun ke Cappadocia setiap bulan juni untuk menimati festival.

Nah, Sahabat itulah beberapa fakta menarik dari kota impian bernama Cappadocia. Jadi penasaran, Kinan bisa tidak ya mewujudkan impiannya itu. Cappadocia sudah siap untuk dikunjungi siapapun yang memiliki impian indah, termasuk Kinan dan juga Sahabat Damai sekalian.


Referensi : Berbagai Sumber

0