Hafidz Nusantara Dahana Putra
25 Oct 2020 at 13:16


Sunda kelapa merupakan nama sejarah dari kota Jakarta yang terkenal dengan kemacetan dan selalu ramai dengan kegiatan-kegiatan para pencari nafkah. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah, Jakarta adalah tempat untuk mengubah nasib. Namun, bagi sebagian orang Jakarta adalah kota yang melelahkan. Kota yang begitu sibuk dengan rutinitas membuat orang yang beraktifitas di kota tersebut membutuhkan hiburan, tak heran banyak orang meninggalkan Jakarta saat libur Panjang datang.

 Jakarta juga memiliki hiburan musiman yang dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah yaitu Pekan Raya Jakarta (PRJ). Perayaan ulang tahun Jakarta selalu diselenggarakan dengan sangat meriah. Berbagai event ataupun tawaran-tawaran menarik seperti promo atau tawaran-tawaran diskon juga turut memeriah acara tersebut. Tak heran membuat banyak orang tertarik untuk datang ke acara tersebut. Kekhasan Jakarta seperti kerak telor dan ondel-ondel sudah menjadi icon utama yang menjadi ciri khas dalam acara tersebut. Tak hanya itu ornamen berbentuk Panjang-panjang yang berpijak pada satu tangkai dan memiliki corak warna-warni menjadi hiasan yang selalu ada di setiap sudut mata memandang.

Ornamen tersebut merupakan hiasan kembang kelapa atau manggar yang sudah menjadi kerajian khas Betawi.  Kementerian Pendidikan dan budaya telah menetapkannya hiasan tersebut sebagai warisan budaya pada tahun 2017. Kerajian traditional kembang kelapa dapat digunakan dalam berbagai bentuk seperti hiasan dekoratif statis atau hiasan yang hanya diletakan di tempat-tempat tertentu seperti hiasan pintu masuk, hiasan di kanan-kiri panggung acara, hiasan pelaminan, maupun hiasan yang diletakan di titik-titik atau sudut-sudut tertentu yang dapat memberi nuansa kemeriahan dan keceriaan. Tak hanya hiasan dekoratif statis, kembang kelapa juga sering digunakan sebagai hiasan dinamis atau hiasan mudah di bawa kemana-mana seperti acara arak-arakan, atraksi pentas seni, ataupun atraksi pariwisata yang dapat menghibur para pelancong yang datang ke Jakarta.

Untuk membuat hiasan tersebut juga tidak sulit, hanya menggunakan lidi dan dibalut dengan kertas atau plastic warna-warni. Untuk ukuran sendiri tidak ada kententuan yang disyaratkan, hanya disesuaikan dengan fungsi dan penempatannya. Jumlah kembang kelapa setiap tangkainya biasanya berjumlah 60-70 batang dan setiap batangnya mempunyai warna yang beragam.

Tapi kalian tahu tidak, ternyata hiasan tersebut tidak hanya sekedar hiasan loh. Ada makna tersembunyi di dalam hiasan tersebut yang mencerminkan perdamaian. Apa lagi Jakarta merupakan kota multikultural yang rawan akan benturan budaya yang dapat menimbulkan konflik. Lalu apa aja sih pesan perdamaian yang tersirat didalam hiasan bunga kelapa?

Kelapa memang sudah menjadi ikon kota Jakarta sejak kerajaan sunda berkuasa. Nama kelapa diambil karena di kawasan Jakarta banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang menghiasi setiap pesisir kota. Dengan banyaknya pohon kelapa maka kembang kelapa dijadikan hiasan utama yang selalu menghiasi properti di setiap acara Jakarta. Kembang kelapa juga merupakan lambang yang menyimbolkan kemakmuran dan juga simbol dari kehidupan manusia yang bermanfaat. Memberi manfaat terhadap manusia lainnya merupakan kodrat hidup manusia sebagai makhluk sosial. Saling memberi manfaat dengan cara saling tolong menolong akan membuat hidup kita menjadi lebih mudah dan juga dapat membangun komunikasi yang dapat menghindari perselisihan.

Selain itu kembang kelapa juga mempunyai simbol keterbukaan. Banyaknya pendatang dari seluruh penjuru daerah yang mempunyai latar belakang dan kultur yang beragam membuat Jakarta harus terbuka bagi semua orang. Keterbukaan mempunyai manfaat tersendiri bagi masyarakat Jakarta seperti menghindari perselisihan atas kesalah pahaman dan dapat menghormati perbedaan serta dapat menambah wawasan baru yang dapat meningkatkan pengetahuan.

Keindahan kembang kelapa yang berwarna-warni juga dapat menjadi simbol keberagaman di Jakarta. Kehidupan yang beragaman tercermin seperti hiasan bunga kelapa itu sendiri. Ketika kita melihatnya dari luar akan menampakan keindahan. Itu lah konsep keindahan yang sekaligus melambangkan perdamaian.

0