Lyanta Laras Putri
27 Jan 2022 at 15:20


Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day 2021 diperingati setiap tahun pada 29 September. Tujuan Hari Jantung Sedunia adalah sebagai pencegahan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan penyakit jantung yang merupakan salah satu penyakit dengan kasus kematian tertinggi di dunia.

Hari Jantung Sedunia ini ditetapkan oleh Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation) bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Presiden Federasi Jantung Dunia dari tahun 1997 hingga 1999, Antoni Bayés de Luna, telah menyusun gagasan ini.

Menurut Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation), Hari Jantung Sedunia penting karena penyakit kardiovaskular (CVD) menjadi pembunuh nomor satu di dunia, yaitu 18,6 juta kematian per tahun.

Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan bahwa setidaknya 15 dari 1.000 orang individu di Indonesia menderita penyakit jantung atau kardiovaskular.

So, bagaimana ya Cara Jitu Menjaga Jantung?

  1. Konsumsi makanan sehat

Apa saja makanan yang sobat damai konsumsi setiap harinya? Jangan-jangan banyak mengandung lemak, garam, dan gula? Salah satu penyebab penyakit jantung adalah makanan-makanan dengan tingkat lemak dan garam yang tinggi seperti makanan cepat saji. Jika ingin jantung Anda sehat, mulailah mengonsumsi makanan-makanan segar seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan ikan salmon.

  1. Tetap aktif dalam beraktifitas fisik

Olah raga atau setidaknya melakukan aktivitas fisik ringan secara rutin dapat membantu jantung kita untuk tetap sehat. Dengan tubuh yang aktif, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kelebihan berat badan bisa dicegah.

  1. Hindari Rokok

Perokok aktif dan pasif sama-sama berisiko mengidap penyakit jantung. Jika sudah terlanjur menjadi perokok aktif, cobalah perlahan-lahan untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan anda.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup adalah bagian penting dari cara menjaga kesehatan jantung. Penelitian membuktikan, tidur kurang dari enam jam di malam hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut ahli, kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah naik dan memicu peradangan. Demi pencegahan penyakit jantung, upayakan untuk tidur nyenyak minimal tujuh jam setiap hari.

  1. Jaga berat tubuh ideal

Menjaga berat badan yang ideal tidak hanya akan membuat Anda sehat, tetapi juga akan memudahkan Anda untuk bergerak dan tetap aktif. (LYN/KIM)

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/29/083000365/hari-jantung-sedunia–sejarah-tema-hingga-cara-buat-poster-dukungan?page=all

https://health.kompas.com/read/2020/09/30/073200168/8-cara-menjaga-kesehatan-jantung-yang-perlu-dilakukan-setiap-hari?page=all

https://www.rspkusolo.com/a/7-cara-menjaga-kesehatan-jantung

0