Harie Pradana
12 Oct 2022 at 21:49


Radikalisme adalah paham atau aliran dengan jalan kekerasan. Karena itulah persoalan radikalisme banyak ditentang berbagai negara termasuk Indonesia sebab bertentangan dengan falsafah hidup bangsa.

Radikalisme merupakan salah satu masalah sosial yang sedang dihadapi bangsa Indonesia maupun Dunia. Apalagi di era internet, dimana informasi dapat begitu cepat menyebar. Sangat sering media sosial di gunakan sebagai sarana untuk menyebarkan paham radikalisme.

Media sosial kerap menjadi tempat penyebaran paham Radikalisme, hal ini disebabkan karena beberapa faktor salah satunya adalah jumlah pengguna internet di Indonesia yang mayoritas adalah generasi muda.

Sebagai generasi muda, kita harus waspada terhadapat konten-konten radikalisme yang bertebaran di media sosial serta mencegah penyebarannya.

Berikut ini beberapa cara mencegah radikalisme di sosial media.

Cara Mencegah Radikalisme di Media Sosial.

1. Hindari konten-konten yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Di sosial media sering kali kita temui konten-konten yang mengajak tentang mendirikan negara islam di Indonesia. Hal ini merupakan contoh penyebaran radikalisme yang marak di sosial media.

Kita harus menghindari konten-konten seperti ini, karena tidak sejalan dengan filosofi Bangsa Indonesia.

2. Menyebarkan artikel perdamaian.

Seperti yang kita ketahui, sosial media menjadi tempat penyebaran paham radikalisme, maka dari itu, dengan membaca dan membagikan artikel-artikel perdamaian juga dapat mencegah penyebaran radikalisme di media sosial. Kamu dapat membaca artikel-artikel perdamaian di situs dutadamaipapua.id.

3. Berperan aktif dalam melaporkan akun-akun, konten radikalisme dan terorisme.

Melaporkan akun media sosial juga merupakan peranan yang penting dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di sosial media. Ini bertujuan untuk menghilangkan akun-akun yang membagikan konten radikalisme dan terorisme.

Nah itulah cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran paham radikalisme di sosial media. radikalisme adalah paham perubahan dan pembaharuan dengan jalan kekerasan. Beberapa cara tentang mencegah radikalisme di atas dapat dijadikan referensi buat kalian agar tak terjerumus pada paham radikal dan ikut andil mencegah radikalisme di lingkungan terdekat.

2

Avatar
Didi Mochtar
mantap bro๐Ÿ‘
1 month ago
Avatar
Sarce Riana Taime
Damai itu indonesia๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ
1 month ago