Menginjak Usia 1 Tahun, Duta Damai Kalimantan Timur Sampaikan Pesan Perdamaian Melalui Puisi

Propaganda mereka semarakkan di dunia nyata hingga dunia maya,
anti toleransi, ujaran kebencian, mengkafirkan saudara sendiri,
hingga fitrah sebagai manusia musnah.

Dimanakah letak hatimu?

Hai Pemuda!
Kaukah yang disebut oleh Soekarno,
yang akan mengguncang dunia?

Rindu Damai, Irfan Yusuf, 2019.

Sepotong sajak bertajuk Rindu Damai yang ditulis dan dibacakan sendiri oleh Irfan Yusuf, menjadi pembuka Malam Puncak 1st Anniversary Duta Damai Kaltim (4/8). Sebagai Anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional Kalimantan Timur, Irfan lebih memilih menyampaikan pesan perdamaiannya melalui media yang sudah ia tekuni sejak lama, yaitu puisi. Hal itu pula yang kemudian menginspirasinya untuk menyelenggarakan Lomba Cipta dan Baca Puisi sebagai salah satu dari empat lomba yang digelar dalam rangkaian peringatan satu tahun dibentuknya Duta Damai Regional Kaltim ini.

Diikuti oleh 30 peserta Lomba Cipta dan Baca Puisi, lomba lainnya yang juga tidak kalah serunya yaitu Lomba Desain Poster, Lomba Video Pendek, serta Lomba Menulis Opini. Juara Lomba Desain Poster diraih oleh Agung Setiawan dengan mengusung tema “Jempolmu Kocheng Orenmu”. Agung mengangkat tema yang sedang viral di kalangan masyarakat, sehingga dinilai aktual dalam menyampaikan pesan perdamaian, yaitu pesan untuk selalu menjaga diri dari berkomentar negatif di media sosial. Sedangkan, dari 25 karya video pendek yang menjadi partisipan, nama Anugerah Widi Utama keluar sebagai pemenang dengan judul video “Viral”.

Selain ketiga lomba tersebut, Lomba Menulis Opini juga tidak kalah banyak peminatnya, hingga menembus angka 55 partisipan. Koordinator Duta Damai Regional Kaltim, Abd. Azis Ismail Beddu, menyampaikan bahwa jumlah peserta lomba menulis opini yang fantastis ini merupakan awal yang baik untuk Duta Damai Regional Kaltim dalam menyebarkan pesan perdamaian. Para peserta lomba tersebut diharapkan ke depannya nanti juga bisa menjadi kontributor di laman dutadamaikalimantantimur.id, yang selama ini dikelola oleh Duta Damai Regional Kaltim.

Foto: Duta Damai Dunia Maya Regional Kaimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *