Antisipasi Aksi Terorisme di Ruang Publik, BNPT Tandatangani MoU Dengan Kementerian Perhubungan

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan kerjasama dengan Kementerian Perhubungan dalam bentuk Mou. Kerjasama yang dibangun oleh BNPT dengan Kementerian Perhubungan sejatinya telah berjalan dalam beberapa aspek, hanya saja penandatanganan MoU pada hari ini. Rabu, (12/12) bertempat di Grand Hyatt, Jakarta. merupakan upaya untuk memperkuat kerjasama pada aspek legalitasnya sebagai payung hukum, karena BNPT merupakan leading sector penanggulangan terorisme.

Kepala BNPT, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH dalam sambutanya mengatakan bahwa transportasi adalah ruang terbuka yang cukup rentan untuk dijadikan sasaran oleh kelompok radikal terorisme. Berkaca pada beberapa kejadian teror di luar negeri, kelompok radikal terorisme melakukan serangan menggunakan bus hingga serangan di stasiun kereta api. Maka kerjasama dengan Kementerian Perhubungan sebagai langkah kongkret dalam upaya penanggulangan terorisme.

“Mou merupakan sebuah komitmen dan menunjukkan ketegasan dalam upaya penanggulangan terorisme” ungkapnya mantan Kapolda Jawa Barat ini.

Lebih jauh komjen Suhardi Alius mengungkapkan bahwa, kerjasama dalam rangka penanggulangan terorisme, BNPT telah melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga dan kementerian, semua dilakukan karena memang tugas dan fungsi BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme, sehingga dalam upaya penanggulangan terorisme bukan hanya BNPT yang bergerak sendiri, karena terorisme merupakan persoalan yang harus ditanggulangi bersama seluruh elemen bangsa.

Mantan kepala Lemhabas tersebut menilai bahwa Kerjasama BNPT dengan kemeterian perhubungan sangat strategis karena beberapa kejadian teror diluar negeri terjadi menggunakan alat transportasi baik dilaut, darat dan udara.

“Berkaca pada kejadian diluar negeri dimana kelompok terorisme melakukan teror menggunakan alat transportasi, maka kita jangan menunggu, kita harus siapkan langkah-langkah strategis dalam upaya melakukan pencegahan” ungkapnya dihadapan Menteri Perhubungan beserta jajarannya.

Point-point kerjasama antara BNPT dengan Kementerian Perhubungan antara lain :
a. Penyusunan program, strategi, dan kegiatan penanggulangan terorisme di bidang transportasi
b. Koordinasi penanggulangan terorisme di bidang transportasi
c. Pemanfaatan kemampuan dan potensi sumber daya para pihak dalam penanggulangan terorisme
d. Pertukaran data dan informasi dalam penanggulangan terorisme di bidang transportasi
e. Peningkatan sumber daya manusia dalam penanggulangan terorisme di bidang transportasi
f. Sosialisasi penanggulangan terorisme di lingkungan Kementerian Perhubungan
g. Kegiatan lain yang disepakati

Diakhir sambutanya, kepala BNPT sangat berterimakasih atas perhatian Menteri Perhubungan dalam upaya bersama-sama menanggulangi terorisme terutama yang menggunakan alat transportasi, dan Kepala BNPT berharap kerjasama dua instansi akan memberikan keamanan bagi seluruh masyarakat, karena memberikan keamanan serta kenyamanan adalah merupakan tugas yang diemban pemerintah dan jajaranya.

Baca Artikel Lengkap Antisipasi Aksi Terorisme di Ruang Publik, BNPT Tandatangani MoU Dengan Kementerian Perhubungan ditampilkan lebih awal di Damailah Indonesiaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *